www.gunadarma.ac.id

  • RSS
  • Skype
  • Facebook
  • Yahoo

Twitter

Analisis Persaingan Produk "Pepsodent dengan Ciptadent"

Author Unknown - -
Home » Analisis Persaingan Produk "Pepsodent dengan Ciptadent"


Latar belakang

Dalam membuat suatu usaha pasti kita akan dihadapi dengan namanya persaingan. Persaingan ini bisa berwujud dalam berbagai cara seperti contoh saling menunjukan keunggulan produknya masing-masing pada iklan di televisi,koran,dan internet. Dalam hal ini saya akan menganalisis produk dari perusahaan pasta gigi yaitu pepsodent dan ciptadent

Pepsodent
Pepsodent adalah salah satu merek pasta dan sikat gigi dari Unilever. Pepsodent adalah pasta gigi yang tertua di Indonesia. sejak awal keberadaannya selalu memberikan lebih dari sekedar kemanjuran/keampuhan dalam penjualan produknya. Pepsodent adalah pasta gigi pertama di Indonesia yang kembali meluncurkan pasta gigi berflorida pada tahun 1980-an dan satu-satunya perusahaan pasta gigi indonesia yang mengajarkan dan mempromosikan kebiasaan menyikat gigi secara benar melalui program-program kebersihan dalam menyikat gigi di daerah-daerah yang kurang terjangkau dari kota dan layanan pemeriksaan gigi gratis. Sejak itu Pepsodent telah melengkapi jajaran produknya mulai dari pembersihan dasar hingga pasta gigi dengan manfaat lengkap.
dari tahun ke tahun pepsodent selalu membuat varian baru dalam produknya seperti :
1. Pepsodent Sensitive, yang menawarkan bahan aktif yang menembus gigi untuk membebaskan rasa sakit akibat syaraf yang sensitif di dalam gigi dan gusi.
2. Pepsodent Fighter Toothbrush.
Dengan semua inovasi baru ini, Pepsodent mencakup seluruh jangkauan perawatan kesehatan mulut para konsumennya.
3. Pepsodent Complete 12, yang menawarkan manfaat yang lengkap dengan harga terjangkau. Menawarkan manfaat yang lebih banyak kepada para konsumennya sebagai bagian dari upayanya untuk mencapai misinya.

Faktor Utama Pepsodent Menjadi Pilihan :

 - Pepsodent adalah merek terkemuka di sebagian besar negara Asia dengan Indonesia dan India sebagai pasar terbesar.

- Pada tahun 2005 Pepsodent merupakan satu-satunya merek pasta gigi yang diakui oleh FDI, Federasi Gigi Dunia, di samping asosiasi dokter gigi di dalam negeri.
- pada tahun 2010 pepsodent mendapatkan penghargaan dari prodogi indonesia
Strategi penjualan :
1.       Melalui program sekolah pepsodent dan pemeriksaan gigi gratis
2.       Melalui program menyikat gigi pada malam hari
3.       Melalui program keluarga sehat pepsodent
4.       Melalui iklan-iklan yang unik dan memberikan hadiah kepada pelanggan melalui program tersebut.


Kesimpulan :

keunggulan produk :
-Brand pepsodent sudah lama di Indonesiav sehingga sebagian besar orang sudah mengetahui kualitas dari pepsodent.
-Pepsodent memiliki banyak variasi, mulai dari Pepsodent untuk anak, whitening, herbal, hingga sensitive expert.
-Produk pepsodent mudah didapat karena dijual di supermarket dan minimarket di berbagai kota di Indonesia.
-Harganya pun relatif terjangkau.
 -Pepsodent pun senantiasa bekerja sama dengan PDGI untuk mempromosikan brandnya.
kelemahan produk :
-Promosi yang disuguhkan Pepsodent belakangan ini terlalu singkat.
-Iklan Pepsodent secara bergantian hanya menampilan adegan menyikat gigi ataupun mengetes kekuatan gigi depan westafel dan cermin. Beberapa konsumen bosan dan tidak dapat membedakan iklan Pepsodent yang terdiri dari beberapa jenis.
-Untuk iklan Pepsodent sensitive expert, terkesan meniru brand yang sudah lama mengusung dan mengincar pasar gigi sensitive.
Peluang :
Masih tingginya tingkat penjualan dan loyalitas konsumen terhadap Pepsodent membuatnya lebih unggul.

Ancaman :
 Ada banyaknya pesaing yang juga mulai berinovasi.

Ciptadent
Ciptadent adalah pasta gigi dengan Hygie-Lite, Fluoride ganda, dan Kalsium, serta Vitamin E memberikan perlindungan yang sempurna terhadap gigi Anda. Hygie-Lite menjadikan gigi extra putih, extra bersih. Fluoride ganda melindungi bagian dalam email gigi dan bagian luar gusi serta akar gigi. Kalsium menguatkan seluruh bagian gigi hingga ke akarnya. Mengandung vitamin E memperlancar peredaran darah di gusi. Tersedia dalam berbagai kemasan: tube 35g, 80g, 130g, dan 200g. Contoh varian produk ciptadent :
1. Ciptadent Fresh Mint Micro Active Foam & Xylitol, yang menawarkan pasta gigi yang bersensasi rasa mint dan segar dimulut

2. Ciptadent dengan flouride ganda, multivitamin kalsium, micro active foam dan xylitol untuk membersihkan gigi lebih bersih dan menguatkan email gigi.

Faktor utama ciptadent menjadi yang utama :
- harga yang sangat terjangkau dibanding dengan pepsodent
- banyak nya cita rasa yang diberikan dalam produknya
- mendapatkan sertifikasi dari PDGI di seluruh indonesia

Strategi penjualan :
1. melalui iklan yang unik di televisi
2. melalui program atau event-event langsung di lapangan seperti acara menyikat gigi bersama di monas, games tentang kesehatan gigi dll.
3. selalu memperbarui bentuk kemasan dan memberikan promo buy one get one
4.  memberikan undian berhadiah pada kemasan

Kesimpulan :

Keunggulan produk :
-Brand Ciptadent kini hadir dengan kemasan yang mudah di ingat.
-Harganya pun relatif terjangkau.
-Ciptadent pun mulai berinovasi dan memperbanyak promosi di media.

Kelemahan produk :
-Promosi yang dihadirkan Ciptadent di media televisi tidak sebanyak iklan Pepsodent.
-Iklan Ciptadent belum memiliki ciri khusus.

Peluang :
Konsumen mulai beralih karena ketertarikannya terhadap kemasan baru Ciptadent.

Ancaman :
Di bandingkan Pepsodent, Ciptadent lebih ;ambat dalam mengeluarkan inovasi dan variasi terbarunya.

One Response so far.

  1. Unknown says:

    mari bergabung bersama kami sekolah pramugari pspp kunjungi : http://sekolahpramugari.org/informasi-pendaftaran-sekolah-pramugari-tahun-2015.html