Microsoft Excel adalah suatu program pengolah angka yang banyak sekali manfaatnya. Banyak pekerjaan harian kita yang dapat di bantu oleh Microsoft Excel ini, terutama yang berhubungan dengan masalah-masalah perhitungan, pengolahan dan penyajian data.
Agar mudah memahaminya, berikut ini beberapa istilah yang terdapat dalam Microsoft Excel:
Cell: merupakan bagian terkecil dari worksheet yang dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) atau dapat disebut juga sebagai pertemuan antara baris dan kolom. Yang disebut dengan kolom adalah garis vertikal yang berpasangan, contoh: A, B, C, D,.., dst. Sedangkan yang disebut dengan baris adalah garis horizontal yang berpasangan, contoh: 1,2,3,..,dst.Isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5.
Range: merupakan sekelompok cell yang akan mendapat aksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A46 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6.
Alamat Relatif: merupakan alamat sel yang ketika melakukan penyalinan (copy) akan menyesuaikan dengan lokasi yang baru. Misalnya, rumus pada alamat sel F6 yaitu =D6*E6. Setelah melakukan penyalinan pada sel F7 yaitu =D7*E7. Jika dilakukan penyalinan ke sel F8 akan menjadi =D8*E8, dst.
Alamat Absolut: merupakan alamat yang selalu bernilai sama meskipun rumusnya di copy kan ke manapun. Penulisan alamat absolut selalu ditambahkan tanda “ $ “ pada nama kolom dan/atau nomor barisnya atau dengan menekan tombol F4 pada keyboard.
Terdapat dua jenis alamat absolut, yaitu:
1. Semi Absolut
Pada alamat semi absolut, penguncian hanya dilakukan pada salah satu diantara kolom dan baris.
Contoh:
$C9 : Penguncian kolom C, dengan cara ini ketika cell dicopy kekanan alamat cell akan tetap dibaca sebagai $C9 bukan D9, namun ketika dicopy kebawah alamat cell akan berubah menjadi $C10.
C$9 : Penguncian baris 9, dengan cara ini ketika cell dicopy ke bawah alamat cell akan tetap dibaca sebagai C$9 bukan C10, namun ketika dicopy ke kanan alamat cell akan berubah menjadi D$9.
2. Absolut Mutlak
Pada alamat absolut mutlak, penguncian akan dilakukan pada kolom dan baris sekaligus.
Contoh:
Pada sel E3 kita isikan rumus “ =E2*$E$2 “. Jika rumus itu kita kopikan ke sel F4, maka rumusnya akan menjadi “ =F2*$E$2 “. Terlihat bahwa alamat E2 akan tetap. E2 disebut alamat absolut mutlak.
selain istilah-istilah yang disebutkan diatas, ada juga rumus-rumus atau fungsi-fungsi dalam microsoft excel yang dapat kita gunakan, diantaranya:
(1) SUM berfungsi untuk menjumlahkan beberapa sel atau range. Penulisannya: =SUM(D3+E3) menjumlah data sel D3 dan E3.
(2) MAX berfungsi untuk menghitung/mencari nilai maksimal range. Penulisannya: =MAX(B12:B30) menghitung data terbesar dari sel B12 hingga B30.
(3) MIN berfungsi untuk menghitung/mencari nilai minimum range. Penulisannya: =MIN(B12:B30) menghitung data terkecil dari sel B12 hingga B30.
(4) AVERAGE berfungsi untuk menghitung rata-rata range. Penulisannya: =AVERAGE(b12:b30) merata-rata data dari sel B12 hingga B30.
Dari empat fungsi yang disebutkan di atas sebenarnya masih banyak fungsi-fungsi yang lain. Daftar funsi selengkapnya bisa dilihat dalam menu Insert Function. Namun dalam setiap menuliskan rumus-rumus atau fungsi-fungsi tersebut ada sedikit prosedur yang harus digunakan, yakni :
Aktifkan sel yang akan diisi rumus tersebut.
Awali penulisan rumus dengan tanda “=”
Tulislah rumus tersebut secara benar.
Tekan Enter.
mengetik jenis formula/rumus/fungsi, lalu kurung buka((mengetik alamat sel yang dibutuhkan, dan diakhiri dengan kurung tutup))
beberapa istilah dalam microsoft excel
Author Unknown
-
-
Home »
beberapa istilah dalam microsoft excel